SNI, Air dan air limbah – Bagian 16: Cara uji kadmium (Cd) dengan metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA) – nyala

PRAKATA
SNI Uji kadmium (Cd)
Dalam rangka menyeragamkan teknik pengujian kualitas air dan air limbah sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air, Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 02 Tahun 1988 tentang Baku Mutu Air dan Nomor 37 Tahun 2003 tentang Metode Analisis Pengujian Kualitas air Permukaan dan Pengambilan Contoh Air Permukaan, maka dibuatlah Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk pengujian parameter-parameter kualitas air dan air limbah sebagaimana yang tercantum didalam Keputusan Menteri tersebut.

Metode ini merupakan hasil kaji ulang dari SNI yang telah kadaluarsa dan menggunakan referensi dari metode standar internasional JIS. Metode ini telah melalui uji coba di laboratorium pengujian Balai Besar Kimia dan Kemasan, Balitbang Indag-Deperindag, Jakarta dalam rangka validasi dan verifikasi metode serta di konsensuskan oleh Panitia Teknis (Pantek) 207-S Bidang Manajemen Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup Sub Pantek Kualitas Air dengan para pihak terkait sesuai dengan Pedoman BSN Nomor 8 Tahun 2000 tentang Penulisan Standar Nasional Indonesia.


Standar ini telah disepakati dan disetujui dalam rapat konsensus dengan peserta rapat yang mewakili produsen, konsumen, ilmuwan, instansi teknis, pemerintah terkait dari pusat maupun daerah pada tanggal 30 Januari 2004 di Serpong, Tangerang – Banten.


Metode ini berjudul Air dan air limbah – Bagian 16: Cara uji kadmium (Cd) dengan metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA) – nyala yang merupakan revisi dari SNI 06-2466-1991 dengan judul Metode pengujian kadar kadmium dalam air dengan alat spektrofotometer serapan atom secara langsung.

LINK DOWNLOAD : [WWW.KIMIAWAN DUNIA.COM]

anda dapat juga mengunduh berbagai file yang berhubungan dengan kimia yang terdapat dalam blog ini, karena blog ini merupakan sebuah sarana yang selalu up to date dengan kimia.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SNI, Air dan air limbah – Bagian 16: Cara uji kadmium (Cd) dengan metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA) – nyala"

Posting Komentar